Searching...

Alun-Alun Selatan



Selain alun-alun yang berada di depan kraton, di sisi selatan kraton juga terdapat alun-alun yang bernama alun-alun selatan atau dikenal alun-alun kidul. Kidul adalah bahasa jawa untuk arah selatan. Seperti kita kenal Pantai Kidul, Ratu Kidul, atau GunungKidul (Salah satu kabupaten di DIY) dimana masing-masing artinya Pantai Selatan, Ratu Selatan, dan Gunung di Selatan.

Alun-alun selatan, kini menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu. Hal itu terlihat dari begitu ramainya Alun-alun ini jika malam hari. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di sini, seperti naik sepeda dan kereta kayuh memutari alun-alun. Beberapa tahun yang lalu masih ada yang menawarkan jasa menaiki kereta yang ditarik kuda poni. Namun, saat ini tergantikan oleh hegemoni sepeda-sepeda dan kareta berlampu hias yang indah. Pedagang makanan juga sudah siap sekitar alun-alun agar pengunjung tidak kesulitan mencari makanan.

Selain itu, ada 2 pohon beringin yang berada di tengah alun-alun. Dimana para pengunjung berlomba untuk melewati tepat di tengah keduanya dengan menutup mata. Bahkan di sana ada yang menawarkan jawa penyewaan tutup mata.

Alun-alun ini tidak hanya ramai malam hari. Pagi hari, alun-alun selatan juga dijadikan sebagai tempat olah raga. Apalagi di akhir pekan, keramaiannya mungkin tidak kalah dengan keramaian malam hari.

Sekali waktu, datanglah ke alun-alun selatan dan nikmati suasana Jogja di tempat ini. Yang penting, jika anda merencanakan untuk menikmati perjalanan di Jogja jangan sampai lupa waktu. Ingat makan, ingat sholat, ingat pulang… selamat menyapa Jogja


sumber gambar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkC_vqNidEN-MToQYQD2to3Wv2Rt0A93_oXEEn1-GXkFbqGVbI_SU29ruSvtTgiwzJK4DhFeXo72FUm9GfNHw4Bo9VG8U76kymOosYjJRLdF6Y-qk2uUbJ7yfJAC7GxJ2eix8ZWTRrwcg/s1600/1344576620X285.jpg

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!