Searching...

Alun-Alun Utara


Di Yogyakarta, Kraton Jogja memiliki 2 alun-alun yang mengapit Kraton. Salah satunya yang ada di depan Kraton, yaitu Alun-alun Utara. Pada jaman dahulu, Alun-alun memiliki fungsi sebagai sarana latihan bagi prajurit kraton. Saat ini Alun-alun Utara menjadi salah satu tempat yang cukup menarik.

Alun-alun ini menarik, karena tepat berada di depan gerbang Kraton Yogyakarta. Sehingga bisa menjadi tempat yang cocok untuk mengabadikan foto dengan gagahnya bangunan Kraton. Alun-alun Utara akan berada pada puncak keramaiannya pada libur panjang dan akhir pekan. Banyak pedagang di sini yang menanti para wisatawan yang datang berkunjung ke Yogyakarta. Terutama apabila bus para wisatawan di parkir di sekitar area alun-alun.

Lebih ramai lagi adalah saat sekaten, sebuah acara memperingati hari lahir Nabi Muhammad dan di dalamnya ada acara pasar rakyat atau dikenal pasar malam. Sekaten sendiri bukanlah pasar malam itu, karena sekaten memiliki rangkaian acara yang panjang. Namun masyarakat Jogja sebagian besar menyebut pasar malam itu sebagai sekaten.

Alun-alun ini berada di tengah-tengah antara Kraton Jogja, Masjid Agung Kraton, dan Pasar Gedhe. Jaraknya hanya selemparan baru dari km. 0. Jadi jika Anda berada di Km.0, alun-alun utara ini dapat ditengok dan dinikmati suasana di sana.


Sumber gambar
http://septianar.files.wordpress.com/2012/06/alun-alun.jpg

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!