Searching...

Kauman Yogyakarta



Hampir di setiap kota di Jawa yang memiliki kraton akan ada kampung kauman di sana. Termasuk di kota Yogyakarta, ada satu kampung bernama kauman yang terletak di barat Kraton Yogyakarta. Kauman konon merupakan tempat tinggal bagi para imam dan pengurus masjid agung kraton atau mesjid gedhe. Hingga akhirnya saat ini penduduknya sudah cukup banyak baik oleh penduduk asli atau pendatang.

Kauman sebagai sebuah kampung bersejarah menyimpan banyak hal yang menceritakan sejarah kota ini. Rekam jejak perjalanan masyarakat Yogyakarta banyak yang dapat ditemukan di Kauman. Selain masjid Agung Kraton yang menjadi simbol nilai religi dari Kraton Yogyakarta, terdapat pula makam pahlawan Nasional Nyai Hj. Achmad Dahlan. Kauman merupakan tempat lahirnya salah satu organisasi besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah yang didirikan oleh KH. Achmad Dahlan. Masih ada Mushola yang sekarang menjadi cagar budaya yang digunakan oleh KH. Achmad Dahlan mengajar ilmu agama. Ada juga TK Aisyiah pertama yang didirikan untuk mendidik anak-anak, saat ini bernama TK ABA Kauman. Sekolah putrid pertama yang Kyai Dahlan dirikan juga masih ada di sini, berganti nama menjadi SD Muhammadiyah Kauman.

Yang unik di kauman adalah suasana kampung yang masih terasa seperti masa dulu. Meski sudah ada lampu yang tampak modern, bangunan di sekililing masih banyak yang asli bangunan jaman dahulu dan belum dipugar.

Yang khas di kauman adalah kuliner nya. Makanan khas bernama Kicak, yang bisa kita temukan saat bulan Ramadhan. Makanan ini sulit dicari di luar bulan ramadhan. Namun tersedia di pasar ramadhan kauman yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Pasar Ramadhan adalah salah satu daya tarik Kauman, semacam pasar dadakan setiap bulan Ramadhan.

Anda bisa datang ke kampung kauman jika berkunjung ke Jogja. Ada 2 gerbang utama masuk ke kampung kauman dan berbagai pintu masuk lain. Gerbang pertama ada di depan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Berupa gerbang kecil berwana putih masuk ke arah selatan. Gerbang ke-2 adalah gerbang didepan masjid Gedhe Kauman. Gerbang ini memisahkan antara alun-alun utara dengan masjid gedhe.

Saat ini banyak sekali kampung-kampung di Yogyakarta dan menjadi destinasi wisata baru sebagai wisata alternatif di kota Yogyakarta.


#Kampung di Yogyakarta memiliki keunikan masing-masing, jika datang ke Jogja sempatkanlah untuk mengunjunginya dan menikmati suasana Jogja di dalam kampung. Akan berbeda jika anda datang ke pusat wisata yang penuh keramaian.



sumber gambar (kiri)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBVGexXgpoBrXSzvjvUkB5pfZ5xzLR0w8Db6UvmHZx9cZ6Dsw1_Ig3w5aGoPcR5GYahhU7o20jQVyGCVRCXhCBYHa24_6Y9OOm07D3gykZTYhY0zeJ8aLAsp0sVwnom0knci0VAoEJT0a7/s400/Kauman-1.jpg

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!