Searching...

Catur Gatra Tunggal, Konsep Tata Ruang Jawa



Kerajaan-kerajaan di Jawa memiliki konsep Catur Gatra Tunggal membangun pemerintahannya. Salah satunya adalah Kraton Yogyakarta yang juga menggunakan konsep ini. Catur Gatra Tunggal atau disebut juga Catur Sagotra adalah cerminan pemerintahan yang juga memperhatikan unsur sosial, ekonomi, religi, dan budaya sebagai unsur-unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain. Catur Gatra Tunggal berarti empat elemen yang menjadi satu kesatuan atau empat wahana ruang dalam kebersamaan tunggal (Wibowo, 2012*). Dalam budaya jawa, hal ini begitu sangat diperhatikan.

Komponen pertama adalah Kraton sebagai pusat pemerintahan, dimana menjadi tempat tinggal raja dan pusat kekuasaan raja dalam menjalankan fungsi pemerintahan. Kedua, Alun-alun sebagai pusat kegiatan masyarakat, membuat raja langsung dapat berinteraksi dengan rakyat. Ketiga, Masjid sebagai pusat peribadatan melambangkan unsur religi yang melekat kuat pada pemerintahan kraton. Keempat, pusat perekonomian masyarakat yaitu Pasar.

Konsep Catur Gatra Tunggal ini dapat ditemukan di berbagai kerajaan islam di jawa. Di Kraton Yogyakarta juga demikian, ada alun-alun utara yang dikelilingi bangunan kraton, masjid agung kraton (masjid gedhe kauman), dan pasar beringharjo.

Wibowo (2012) mengatakan “Hubungan raja dengan rakyatnya sangat harmonis. Raja berkhidmad di kraton, dan rakyatnya memuliakan raja di alun-alun. Kemudian raja membangun pasar sebagai fasilitas untuk mensejahterakan rakyatnya lewat aktifitas tata niaga perdagangan. Hal itu merupakan indikasi pencerminan hubungan kesadaran mikro kosmos. Kemudian raja membangun masjid, dengan maksud raja bersama rakyatnya beribadah hanya kepada Allah SWT pencipta semesta alam, hal itu mencerminkan hubungan kesadaran makro kosmos.”

Dalam budaya Jawa, segala hal memang penuh dengan kebijaksanaan dan sarat akan makna yang dalam. Catur Gatra Tunggal tidak ditemukan di luar Indonesia dan menjadi sebuah nilai kearifan lokal.



*Wibowo, E. 2012. (http://www.kotagedeheritage.org). catur Gatra Tunggal. diakses 29 Juni 2014,

sumber gambar
http://kabarjogja.com/wp-content/uploads/2012/07/Kraton-Yogyakarta.jpg

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!