Searching...

Pojok Beteng, Bangunan Pengaman Kraton



Pojok beteng mungkin terdengar kurang familiar, bahkan termasuk bagi yang pernah berkunjung ke Yogyakarta. Sebagai sebuah pusat pemerintahan dan kerajaan, kraton dikelilingi oleh benteng pertahanan untuk menjaga keamanan kraton. Pojok Beteng berjumlah 4 buah dan tersebar di sekeliling kraton.Saat ini pojok beteng yang masih dapat ditemui jumlahnya ada 3 buah. Pojok Beteng Kulon, Pojok Beteng Wetan, Pojok Beteng Lor.

Dari situs gudeg.net*, merangkum 3 Pojok Beteng yang masih berdiri
  • Pojok Beteng Wetan atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pojok Beteng Timur. Pojok Beteng Wetan dilengkapi dengan tempat pengintain yang berjumlah tiga, tempat prajurit berjumlah sepuluh buah, dan sebuah gudang yang diduga sebagai gudang mesiu. Pojok Beteng Wetan ini tepatnya berada di sebelah barat perempatan Jl. Brigjend Katamso - Jl. Parangtritis - Jl. May. Jend. Sutoyo - Jl.Kolonel Sugiono.
  • Pojok Beteng Kulon atau dalam Bahasa Indonesia berarti Pojok Beteng Barat. Disebut demikian karena letak Pojok benteng ini berada di sisi paling barat dan paling selatan dari wilayah Kraton Yogyakarta. Pojok Beteng Kulon dilengkapi dengan tempat pengintaian yang jumlahnya ada tiga buah dan tempat prajurit sebanyak sepuluh buah. Tetapi Pojok Beteng Kulon tidak dilengkapi dengan ruangan yang berfungsi sebagai gudang mesiu. Posisi Pojok Beteng Kulon tepatnya berada di sisi timur perempatan Jl. Wachid Hasyim - Jl. Bantul - Jl. Sugeng Jeroni - Jl.Let Jend MT Haryono.
  • Pojok Beteng Lor atau Pojok Beteng Utara. (gudeg.net)

Pojok Beteng sering disebut dengan singkatan JokTeng. Dari luar, Pojok Beteng tampak kokoh menjulang berwarna putih dan saat ini dikelilingi taman kecil untuk menambah keasrian. Jika anda datang ke Jogja, tidak ada salahnya untuk naik ke salah satu atau semua Jokteng. Lagi pula, untuk naik ke Pojok Beteng anda tidak dipungut biaya alias gratis. Sekali-kali Anda merasakan menjadi pasukan Kraton pengintai keamanan. Di Jokteg ada semacam ruangan yang dapat melihat keluar melalui lubang kecil, sehingga seperti ketika menjaga keamanan seperti kegiatan mengintai dari lubang kecil tersebut.

Satu lagi, jika Anda datang ke Jokteng akan sangat baik jika kita menjaga keasrian dan keindahan Jokteng ini. Jangan membuang sampah di sini, jangan mencoret-coret tembok, jangan mengotori sekitar, dan jangan merusak apapun. Mari jaga tempat apapun yang kita kunjungi dari perusakan. Selamat berpetualang ke Jokteng.

sumber gambar
http://jogja.storykota.com/images/upload/images/Pojok_Beteng_1.jpg
http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/81652527.jpg

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!